BAHAN AJAR KOMPUTER DASAR PGSD (2017)

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat, hal ini terlihat pada era tahun 80-an jaringan komputer masih merupakan teka-teki yang ingin dijawab oleh kalangan akademisi, dan pada tahun 1988 jaringan komputer mulai digunakan di universitas-universitas, perusahaan-perusahaan, sekarang memasuki era milenium ini terutama world wide internet telah menjadi realitas sehari-hari jutaan manusia di muka bumi ini.

Selain itu, perangkat keras dan perangkat lunak jaringan telah benar-benar berubah, di awal perkembangannya hampir seluruh jaringan dibangun dari kabel koaxial, kini banyak telah diantaranya dibangun dari serat optik (fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel.

Pengertian komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output yang berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan didalam memori. Berbicara tentang komputer, tidak lepas dari sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi . banyaknya pakar yang berusaha menghadirkan komputer  terbaik yang dapat digunakan manusia selama bertahun-tahun sehigga terciptalah komputer yang praktis dan minimalis sehingga dapat memudahkan kerja manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Rumusan Masalah
  1. Bagaimana sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi?
  2. Bagaimana klasifikasi komputer dan jenis-jenisnya?
  3. Bagaimana perkembangan mikroprocessor?
  4. Apa manfaat dari komputer?

 

  1. TUJUAN
  1. Menjelaskan sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi.
  2. Menjelaskan klasifikasi komputer.
  3. Menjelaskan sistem mikro prosesor , tipe serta kelemahan dan keunggulannya.
  4. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

 

 

  1. MANFAAT

Manfaat penulisan makalah ini ialah agar kita selaku mahasiswa dapat mengetahui sejarah komputer dan perkembangannya, bukan hanya tahu menggunakan tapi juga tahu bagaimana awal komputer dan perkembangannya hingga sekarang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

  1. Definisi Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin ‘computare’ yang berarti berhitung (to compute atau to reckon) . Tetapi pengertian komputer saat ini bukanlah semata-mata sebagai alat hitung saja tetapi adalah suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal (tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan sistem operasi (operating system) menurut program-program yang diberikan kepadanya.

 

  1. Menurut Hamacher : mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  2. Menurut Blissmer : alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
  • menerima input
  • memproses input tadi sesuai dengan programnya
  • menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • menyediakan output dalam bentuk informasi
  1. Menurut Fuori : pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Elemen sistem komputer (computer system) terdiri dari hardware, software dan brainware.
  2. Hardware atau Perangkat Keras:

peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah.

  1. Software atau Perangkat Lunak:

program yang berisi instruksi/ perintah untuk melakukan pengolahan data.

  1. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

 

 

 

 

 

Ada beberapa ciri pada suatu komputer yaitu :

  • Alat elektronik
  • Dapat menerima input data
  • Dapat mengolah data (data processing)
  • Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer
  • Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan (data storage)
  • Memiliki kendali (control)
  • Dapat melakukan pemindahan data (data movement)
  • Bekerja secara otomatis.

 

Suatu sistem komputer terdiri atas tiga bagian utama:

  1. CPU (Central Processing Unit)

CPU terdiri atas dua bagian yaitu:

CU (Control Unit) :

Ini adalah unit pengendali. Fungsi utama unit pengendali (CU) adalah mengambil, mengkode,mdan melaksanakan instruksi sebuah program yang tersimpan dalam memori. Unit pengendali mengatur urutan operasi seluruh sistem. Unit ini juga menghasilkan dan mengatur sinyal pengendali yang diperlukan untuk menyerempakkan operasi, juga aliran dan instruksi program.

ALU (Arithmetic Logic Unit ):

Unit ini berfungsi melaksanakan operasi aritmatik serta operasi-operasi logika.

 

  1. Memory Unit (Unit Penyimpan)

Unit-unit ini mengandung program-program yang bersangkutan dan data yang sedang diolah.

  1. RAM (Random Access Memory)

RAM adalah unit memori yang dapat dibaca dan/atau ditulisi. Data dalam RAM bersifat volatile (akan hilang bila power mati).

RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara, yaitu data yang tidak begitu penting (tidak masalah bila hilang akibat aliran daya listrik terputus). Ada dua macam RAM yaitu RAM statik dan RAM dinamik. RAM statik adalah flipflop yang terdiri dari komponen seperti resistor, transistor, dioda dan sebagainya. Setiap 1 bit informasi tersimpan hingga sel “dialamatkan” dan “ditulis-hapuskan”.

Keuntungan dari RAM statik adalah akses atau jalan masuk yang bebas ke setiap tempat penyimpanan yang diinginkan, dan karena itu kecepatan masuk ke dalam memori terhitung relatif tinggi. RAM dinamik menyimpan bit informasi sebagai muatan. Sel memori elementer dibuat dari kapasistansi gerbang-substrat transistor MOS. Keuntungan RAM dinamik adalah sel-sel memori yang lebih kecil sehingga memerlukan tempat yang sempit, sehingga kapasistas RAM dinamik menjadi lebih besar dibanding RAM statik. Kerugiannya adalah bertambahnya kerumitan pada papan memori, karena diperlukannya rangkaian untuk proses penyegaran (refresh). Proses penyegaran untuk kapasitor ini dilakukan setiap 1 atau 2 mili detik.

 

  1. ROM (Read Only Memory)

ROM merupakan memori yang hanya dapat dibaca. Data tidak akan terhapus meskipun aliran listrik terputus (non-volatile). Karena sifatnya, program-program disimpan dalam ROM.

Beberapa tipe ROM:

  • ROM Murni : yaitu ROM yang sudah diprogram oleh pabrik atau dapat juga program yang diminta untuk diprogramkan ke ROM oleh pabrik.
  • PROM (Programmable Random Access Memory) : ROM jenis ini dapat diprogram sendiri akan tetapi hanya sekali pakai (tidak dapat diprogram ulang).
  • EPROM (Erasable Programmable Random Access Memory) : yaitu jenis ROM yang dapat diprogram dan diprogram ulang.

 

  1. I/O (Unit Pengontrol Masukan dan Pengeluaran)

Unit ini melakukan hubungan dengan peripheral.

Piranti Input/Output (I/O interface) dibutuhkan untuk menghubungkan piranti di luar sistem. I/O dapat menerima/memberi data dari/ke mikroprosesor. Untuk menghubungkan antara I/O interface dengan mikroprosesor dibutuhkan piranti address. Dua macam I/O interface yang dipakai yaitu: serial dan paralel. Piranti serial (UART/universal asynchronous receiver-transmitter) merupakan pengirim-penerima tunggal (tak serempak). UART mengubah masukan

serial menjadi keluaran paralel dan mengubah masukan paralel menjadi keluaran serial. PIO (paralel input output) merupakan pengirim-penerima serempak. PIO dapat diprogram dan menyediakan perantara masukan dan keluaran dasar untuk data paralel 8 bit.

 

  1. Sejarah Komputer

Sejak zaman kuno, manusia telah menggunakan bilangan. Bahkan suku-suku paling primitif telah melakukan perhitungan rumit yang diperlukan untuk pertanian, perniagaan, dan navigasi. Alat untuk mempermudah perhitungan macam itu dimulai dari batu penghitung jaman prasejarah dan meningkat maju .

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang

mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input

sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan

hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan

Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.  Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer.

Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting yaitu, input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.

Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi.

Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data  yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungan berbagai tempat didunia.

pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar yaitu :

  1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana,

dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga

tangan manusia

  1. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang

digerakkan dengan tangan secara manual

  1. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik
  2. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerja secara elektronik penuh.

 

ALAT HITUNG TRADISIONAL DAN KALKULATOR MEKANIK

 

  • ABACUS

Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil.

Abacus adalah salah satu alat yang paling awal yang digunakan untuk perhitungan. Alat ini sudah dikenal sejak zaman yunani kuno. Pertama-tama abacus berupa sebuah permukaan pasir, sabak lilin, atau batu lebar dengan tanda yang menunjukkan  letak bilangan dan kerikil yang digunakan sebagai penghitung. Orang romawi menyebut kerikil semacam itu calculus, dari situ berasal kata kalkulasi. Pada abacus modern terdiri dari dua kelompok baris yang menggambarkan tangan manusia. Lima cincinn bawah mewakili lima jari manusia, dan dua cincin atas mewakili dua tangan manusia.

 

 

 

Gambar B.1. Abacus

 

  • PASCALIN

Di perancis pada tahun 1642, dalam usia 19 tahun Blaise Pascal (1621662), menemukan mesin penjumlah mekanis atau yang disebut dengan kalklator roda mekanik(numerical wheel calculator) yang pertama, yang digunakan untuk membantu ayahnya dalam perhitungan pajak.

Penemuan pascal, yang disebut Pascalin, dikenal debagai mesin menjumlah dan mengurangi pertama.

Gambar B.2 Pascaline

 

 

Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan

delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan

digit. Mesin pascalin dapat menjumlah atau mengurangi jika roda gigi saling berkait sewaktu diputar. Sebuah roda memindahkan jumlah yang lebih besar.

Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.

 

Gambar B.3 susunan roda gigi mesin pascal.

 

  • JACQUARD

Pada tahun 1801 Joseph Marie Jacquard dari Perancis mengembangkan mesin tenun yang pola tenunnya disimpan menggunakan kartu dari kayu yang berlubang (yang kemudian dikenal dengan punch card).

 

Gambar B.4 kartu berlubang (puch card)

 

Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya. Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan Jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industri teksil untuk membuat pola brokad.

Gambar B.5 mesin tenun jacquard

 

 

 

 

 

 

  • BABBAGE

Pada abad ke -19, jauh sebelum tibanya abad elektronik, charles babbage (1791-1871). Seorang alhi matematika dari Inggris, sudah begitu dekat dengan penemuan fungsi-fungsi komputer sehingga sekarang ia dikenal sebagai Bapak Komputer. Dengan bantuan dari Lady Augusta Ada Lovelace (1815-1842),  pada tahun 1834 Babbage mengembangkan mesin analitis untuk menghitung tabel astronomi untuk digunakan pada angkatan laut yang disebut mesin selisih (“Different Engine”) dijalankan dengan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana dan mencari pendanaan dari pemerintah inggris dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical.

 

Gambar B.6 Mesin Selisih (Difference Engine) Charles Babbage

 

 

 

 

 

  • HOLLERITH

Herman Hollerith (1860-1929) adalah orang pertama yang membangun pemrosesan data. Tujuannya adalah untuk menghitung dan menjumlah sensus tahun 1890 di Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.

Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus

yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu

dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut,

hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain

memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi

sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat

ditekan secara drastis. Pada akhir abad 18 Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company (1896) .Setelah Hollerith pensiun pada tahun 1904, Thomas Watson, Sr., menjadi presdir dan kemudian mengubah nama perusahaan menjadi International Business Machines Corporation (IBM).

 

Gambar B.7 Hollerith Desk

Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya.

Vannevar Bush (1890- 1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.

Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

 

 

 

  1. Komputer Elektronik Pertama

 

  1. MARK 1

Gagasan Charles Babbage menjadi kenyataan 70 tahun setelah dia meninggal yaitu pada tahun 1942. Ketika itu para peneliti dari Universitas harvard di bawah pimpinan Howard Aiken (1900-1973), bekerja sama dengan IBM mulai mengerjakan kalkulator Mark 1. Mesin ini berukuran 2,4 meter x 15,2 meter dengan berat 5 ton, tersusun atas saklar, relai, batang putar (rotating shaftI), dan kopling (clutch).

 

Gambar C.1. Harvard Mark 1 : Komputer Electro-mechanis (kiri),

Komponen Pembaca Pita pada Mark 1 (kanan)

 

  1. ENIAC

Ilmuwan dari Universitas Pennsylvania, John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), merancang dan mengembangkan Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) tahun 1945, yang dikenal sebagai komputer elektronik modern pertama. Komputer ini hampir dua kali ukuran Mark 1.

Mesin ini memenuhi 40 lemari dengan 100.000 komponen, termasuk sekitar 17.000 tabung hampa, beratnya 27 ton dan ukurannya 5,5 meter x 24,4 meter.

 

Gambar C.2 Komputer ENIAC 1 (kiri), Komputer ENIAC 2 (kanan)

 

  1. EDVAC

Pada pertengahan tahun 1940-an,John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan Tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer

Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU),yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.

  1. UNIVAC 1

UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC.Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam

pemilihan presiden tahun 1952.

 

  1. Generasi Komputer
  2. Komputer Generasi Pertama(1940 – 1959)

dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Ciri komputer generasi pertama :

Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer

generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacuum-tube)

digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari

kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah

menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen

berfungsi sebagai pendingin. Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal.

 

Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC. Pada komputer tersebut terdapat 17486 tabung hampa udara, 7200 dioda kristal, 1500 pemancar, 70000 resister, 100000 kapasitor, 5 juta sambungan solder tangan. Begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri yakni seluas 167 M2. Komputer ENIAC, yang merupakan komputer

elektronik pertama di dunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton,

panjang 30 M dan tinggi 2,4 M dan lebar 0,9 M dan mengkonsumsi energi

sebesar 160 KW (160000 Watt).

 

 

 

Mesin Von Neumann

Mesin ini dikembangkan oleh seorang ahli matamatika yaitu John Von Neumann yang juga merupakan kosultan proyek ENIAC. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945 yang memberikan gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah konsep untuk mempermudah proses program agar dapat direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan dalam memori untuk semua data. Gagasan ini juga dibuat hampir pada waktu yang bersamaan dengan Turing. Selanjutnya Von Neumann mempublikasikannya dengan nama baru yaitu: Electronic Discrete Variable Computer (EDVAC).

Semua input dan output dilakukan melalui kartu plong. Dalam waktu satu detik, ENIAC mampu melakukan 5.000 perhitungan dengan 10 digit angka yang bila dilakukan secara manual oleh manusia akan memakan waktu 300 hari, dan ini merupakan operasi tercepat saat itu dibanding semua komputer mekanis lainnya. ENIAC dioperasikan sampai tahun 1955. Teknologi yang digunakan ENIAC adalah menggunakan tabung vakum yang dipakai oleh Laboratorium Riset Peluru Kendali Angkatan Darat (Army’s Ballistics Research Laboratory-LBR) Amerika Serikat.

Selanjutnya mesin ini dikembangkan kembali dengan perbaikan-perbaikan pada tahun 1947, yang disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik terprogram modern yang disediakan secara komersial dengan nama EDVAC, EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator), dan UNIVAC1 dan 2 (Universal Automatic Computer) yang dikembangkan oleh Eckert dan Mauchly. Untuk pertama kalinya komputer tersebut menggunakan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan bagian-bagian dari data yang diperlukan secara cepat.

Dengan konsep itulah John Von Neumann dijuluki sebagai bapak komputer modern pertama di dunia yang konsepnya masih digunakan sampai sekarang. John Von Neumann lahir di Budapest, Hongaria 28 Desember 1903 dan meninggal pada tanggal 8 Februari 1957 di Washington DC, AS. Von Neumann sangat cerdas dalam matematika dan angka-angka. Pada usia eman tahun dia sudah dapat menghitung pembagian angka dengan delapan digit tanpa menggunakan kertas atau alat bantu lainnya. Pendidikannya dimulai di University of Budapest pada tahun 1921 di jurusan kimia. Tapi kemudian dia kembali kepada kesukaannya, matematika, dan menyelesaikan doktoralnya di bidang matematika di tahun 1928. di tahun 1930 dia mendapatakan kesempatan pergi ke Princeton University (AS). Pada tahun 1933, Institute of Advanced Studies dibentuk dan dia menjadi salah satu dari enam professor matematika di sana. Von Neumann kemudian menjadi warga negara Amerika.

Von Neumann juga merupakan orang pertama yang mencetuskan istilah “Game Theory” yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Game theory bermanfaat untuk mensimulasikan permainan, seperti catur, bridge, dan sejenisnya. Dia juga bermanfaat untuk mensimulasikan perang.

Pada pertengahan tahun 1950 UNIVAC mengalami kemajuan dalam beberapa aspek pemrograman tingkat lanjut, sehingga merupakan komputer general purpose pertama yang didesain untuk menggunakan angka dan huruf dan menggunakan pita magnetik sebagai media input dan output-nya. Inilah yang dikatakan sebagai kelahiran industri komputer yang didominasi oleh perusahaan IBM dan Sperry. Komputer UNIVAC pertama kali digunakan untuk keperluan kalkulasi sensus di AS pada tahun 1951, dan dioperasikan sampai tahun 1963.
Komputer-Komputer IBM

IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 pada tahun 1953 yang berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer paling populer sampai tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan untuk menggantikan IBM 701 yang kemudian memantapkan IBM dalam industri pengolahan data.

Contoh nya :

  • ENIAC, 1946
  • Harvard Mark II, Juli 1947
  • IBM Selective Sequence Electronic Calculator, Januari 1948
  • EDSAC (Electronic Delayed Storage Automatic Computer), Mei 1949, merupakan komputer pertama yang sepenuhnya menggunakan stored program.
  • Harvard Mark III, September 1949, dibuat dengan menggunakan memori drum magnetik(magnetic drum)
  • ACE(automatic Calculating Engine), 1950, dibuat oleh Alan M Turing, merupakan komputer digital elektronik ukuran besar yang pertama. Komputer ini menggunakan kartu plong standar untuk alat input dan outputnya.
  • LEO(Lyon Electronic Office), 1951 merupakan komputer komersial di Inggris yang pertama
  • UNIVAC(UNIVersal Automatic Computer) I,1951 , merupakan komputer pertama yang menggunakan pita magnetik
  • EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer), 1952, menggunakan stored program.
  • Whirlwind I, 1952, merupakan computer pertama yang menggunakan magnetic core memory.
  • IBM 650, 1954, merupakan computer komersial pertama yang paling popular.
  • RAMAC 305(Random Acces Methods for Accounting and Control), 1956, merupakan computer pertama yang memungkinkan file disimpan di disk dengan akses secara random. Dll

 

 

 

 

Gambar. D.1. Komputer Generasi pertama

 

 

 

 

 

 

 

  1. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

 

 

Gambar. D.2. Komputer Generasi Kedua, Sirkuit Generasi ke-2 Komputer : Transistor

ciri-ciri Komputer generasi kedua sebagai berikut:

  • Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
  • Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN, ALGOL dan COBOL.
  • Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
  • Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
  • Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
  • Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
  • Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.
  • Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
  • Orientasi program tidah hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.
  • Sirkuitnya berupa transistor
  • Sudah ada sistem operasi
  • Kapasitas memori utama sudah cukup besar

UNIVAC III

Dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emitter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal.

Sebagai komponen padat, transistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.

Pada tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer ata sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding dengan generasi pertama.  Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial. Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.

Beberapa contoh komputer generasi kedua adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800. Pada tahun 1957 MARK IV yang merupakan komputer pertama yang diproduksi di- Jepang. Pada tahun 1960-an, komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar di pasaran.  Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.

PDP-5, 1963, merupakan komputer mini yang pertama, diikuti dengan PDP-8

IBM 401, untuk aplikasi bisnis,IBM 1602, dan IBM 7094 untuk aplikasi teknik,

UNIVAC III, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107,Burroughs 200,

NCR(National Cash Register) 300

  1. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Gambar. D.3. Komputer Generasi Ketiga(Kiri), IC (Integrated Circuit)

Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya

memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan

transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil.

Secuil silicium yang mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil

diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip.

Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.

IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.

Ciri komputer generasi ini adalah:

  • Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.
  • Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  • Peningkatan dari sisi software.
  • Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
  • Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
  • Penggunaan listrik lebih hemat.
  • Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
  • Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
  • Harganya semakin murah.
  • Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.

Salah satu kemajuan komputer generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

 

IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation), Apple Computer dan TRS Model 80 merupakan contoh-contoh komputer generasi ketiga.

  1. Komputer Generasi Keempat (1970-1980-an)

Gambar. D.4. Komputer Generasi Keempat

 

Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

Perusahaan- perusahaan yang membuat micro-processor adalah Intel corporation,Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya

microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486,

80586 yang lebih dikenal dengan nama: Pentium dan lainnya lagi. Sedang

pabrik Motorola mengeluarkan model 6502, 6800 dan lainnya.

Komputer Generasi IV: Apple II

Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik. Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama. Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).

Komputer Generasi IV: PDP 11

Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).

Ciri komputer generasi keempat :

  • Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI )
  • Microprocessor : penggabungan seluruh komponen komputer

( CPU , memori, kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.

  • Munculnya PC
  1. Komputer Generasi Kelima (1980-an-sekarang)

Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu.

Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.

Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia.

Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.

Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.

Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.

Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.

 

 

 

 

 

 

  1. Komputer Generasi Keenam (Masa Depan )

Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.

Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.

 

Kemungkinan Komputer Masa Depan

Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

  1. KLASIFIKASI KOMPUTER

Terdapat banyak tipe komputer yang sangat bervariasi dalam ukuran, biaya, daya, komputasi, dan tujuan penggunaannya.

Komputer yang paling umum digunakan adalah:

  1. Personal Computer

yang biasa digunakan di sekolah-sekolah, kantor, dan dirumah.

  1. Komputer Dekstop

memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan uni output

audio dan keyboard yang ditempatkan secara mudah di meja kantor atau

rumah. Media penyimpanan tersebut berupa harddisk, CD-ROM, dan disket / flashdisk.

  1. Komputer Notebook portable

adalah versi ringkas dari personal komputer dengan semua komponennya

terpaket dalam satu unit tunggal seukuran koper tipis.

  1. Super Computer

digunakan untuk perhitungan skala besar seperti perkiraan cuaca, desain dan

simulasi pesawat terbang.Dalam sistem enterprice, server dan supercomputer,

unit fungsionalnya yang banyak processor, dapat terdiri dari sejumlah unit

besar dan sering kali terpisah.

 

 

 

 

 

 

  1. Klasifikasi Komputer berdasarkan Bentuk Fisik dan Kemampuan

Mengolah Data.

  1. Mainframe

Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus di mana faktor

lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun

gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai

komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah

mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan pelbagai

sistem pengamanan elektronik.

Mainframe adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang

mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-

komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit

dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh puluhan hingga ratusan pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal. Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi per detik

(1 Giga operations per-seconds = 1 GOPS).

Contoh Komputer MainFrame

IBM System/360

IBM System/390

Honeywell-Bull DPS 7

Cray-1 dari Cray Research

 

  1. MiniComputer

Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika

dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-

processor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai

kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan microprocessor yang

digunakan pada personal komputer. Ukuran fisiknya dapat sebesar almari

kecil. Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani

lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada

akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang

berfungsi untuk memasukkan data.

Contoh Komputer mini: IBM AS-400.

 

 

 

  1. Super-komputer

Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu

kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data

yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super

komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satu contoh super komputer

adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang

sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti

misalnya industri pesawat terbang Nurtantio.

Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa dan diantaranya

memiliki kemampuan untuk membaca/ menyadap pelbagai data dari satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat

persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah

ditolak oleh presiden Amerika ketika Nurtantio. menginginkan untuk

membeli sebuah super komputer dari Amerika.

  1. Personal komputer

Personal komputer (PC)  diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perorangan (personal) dengan Kemampuan memory yang dimiliki pada awalnya hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Tetapi dalam perkembangannya hingga kini memory telah mencapai 3 GB (Giga Byte). Komputer personal model Apple II merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat sekarang. Karena harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang

dimiliki dianggap sudah memadai, maka personal komputer menjadi

begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh

perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk

menyelesaikan pelbagai masalah yang ada di perusahaan.

Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani

satu orang pemakai (single-user), tetapi dalam perkembangannya dengan

menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal komputer juga

dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang

bersamaan (konsep multi user). Dan dewasa ini kemampuan Personal

Komputer telah mampu menandingi Main Frame.

Personal Komputer terdiri atas monitor, keyboard, mouse dan CPU. PC

dapat berbentuk Tower (berdiri) dan desktop (tidur).

 

 

  1. Komputer Portable

Komputer jijing (populer dalam bahasa Inggris: laptop, notebook, atau

power book) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan

ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan

spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya komputer jinjing berasal dari

baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD

(Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari

ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop

juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia. Berbeda dengan komputer desktop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung yang

didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang

portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop

adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien.

Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan

spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer

jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya

tingkat permintaan konsumen.

Deteskop, portable, notebook, palmtop.

  1. Klasifikasi Komputer Menurut Data Yang diolah.

Data yang diolah oleh komputer jenisnya sangatlah banyak. Ada data yang

berwujud gambar, suara, huruf, angka, keadaan, simbol ataupun yang

lainnya lagi. Dalam hal ini, tidak setiap komputer bisa mengolah seluruh

data yang ada. Ada komputer yang hanya bisa mengolah suara, ataupun

hanya bisa mengolah gambar ataupun hanya mengolah huruf dan angka

saja. Walaupun demikian, ada pula komputer yang bisa mengolah

beberapa data secara bersama-sama.

  1. Digital Komputer

Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah

data yang bersifat kuantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital

komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya:

simbol alphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z,

simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-

simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.

  1. Komputer Analog.

Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah

data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih

merupakan suatu keadaan. Seperti misalnya: keadaan suhu ataupun

kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan suatu

keadaan yang oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu

ukuran. Analog banyak dipakai di pabrik-pabrik yang tujuannya untuk

mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian komputer

analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.

  1. Hibrid Komputer

Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data

yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa

dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer

jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakan

untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya,

komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk

gambar, grafik ataupun tulisan.

  • Klasifikasi Komputer Berdasarkan Penggunaanya
  1. Spesial Purpose Komputer

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan masalah khusus, biasanya hanya berupa satu masalah saja. Dapat berupa komputer analog ataupun komputer digital, namun pada umumnya komputer analog adalah spesial purpose komputer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri.

 

Contohnya :

HORN-5 digunakan untuk electroholography real-time

SPC digunakan untuk simulasi interaksi sistem partikel

Petaflops Komputer khusus untuk simulasi sistem molekul dinamik

SGI, computer khusus untuk pengolahan grafik.

 

  1. General-Purpose Komputer

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam masalah, dapat menggunakan beberapa program yang dapat menyelesaikan jenis permasalahan yang berbeda, karena komputer ini tidak dirancang untuk

masalah secara khusus.misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan,

pengolahan kata, permainan dll. General-Purpose Computer dapat berupa

komputer digital dan analog, namun pada umumnya adalah komputer

digital.

Contohnya personal komputer (PC).

 

 

  1. Klasifikasi Komputer Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya

 

  1. Komputer Mikro (Micro Computer)

Komputer dengan mikroprosesor sebagai pusat pengendali utamanya.

Contoh : Komputer desktop, video game consoles, laptop , tablet PCs, dll

 

  1. Komputer Mini (Mini Computer) .

Komputer yang bersifat multiuser, yaitu sebua komputer mini dapat dihubungkan sampai dengan 64 terminal.

 

  1. Komputer Kecil (Small Computer)

menggunakan sistem multiprogramming, multiprocessing, virtual storage, dan multiuser dengan terminal sampai dengan ratusan buah.

 

 

 

 

  1. Komputer Menengah (Medium Computer)

digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya. Pusat komputer biasanya menggunakan medium komputer, dan terminal-terminalnya menggunakan komputer mikro atau komputer mini, untuk penerapan distributed data processing.

 

  1. Komputer Besar (Large Computer) , disebut juga sebagai komputer mainframe. Komputer ini digunakan oleh perusahaan besar, misalnya perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang tersebar diseluruh dunia yang tiap kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat komputernya

 

  1. Komputer Super (Super Computer). Super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Sejarah Perkembangan Mikroprocessor

Processor adalah Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Processor digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :

  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)

Mikroprosesor adalah suatu komponen digital jenis LSI (Large Scale Integration atau Very Large Scale Integration) dengan kompleksitas rangkaian sangat tinggi yang mampu melaksanakan fungsi suatu unit pemroses sentral

(CPU = Central Processing Unit). Mikroprosesor sering disebut CPU, merupakan elemen kontrol pada sistem komputer. Mikroprosesor mengontrol memori dan I/O (Input/Output) melalui sejumlah jalur koneksi yang disebut bus. Bus memilih piranti memori atau I/O, mentransfer data antara piranti I/O dan memori dengan mikroprosesor, dan mengendalikan sistem I/O dan memori. I/O dan memori dikontrol melalui instruksi yang disimpan dalam memori dan dijalankan oleh mikroprosesor.

Sistem Mikroprosesor, yaitu suatu sistem yang di dalamnya terdapat mikroprosesor, komponen I/O, dan memori yang mana sering disebut juga komputer. Komponen I/O antara lain : PPI (Programmable Peripheral Interface), SIO (Serial Input Output), PIO (Parallel Input Output), ACIA (Asynchronous Communication Interface Adapter), USART( Universal Synchronous and Asynchronous Receiver Transmitter), micro switch, sensor, keyboard, mouse, floppy disk drive, monitor, printer, hard disk drive, CD-ROM drive, plotter, tape backup, Scanner, DVD, dan serial communication. Sedangkan memori antara lain: DRAM (DynamicRandom Acces Memory), SRAM

(Static RandomnAcces Memory), Cache, Read Only Memory (ROM), Flash memory, EPROM (Erasable Programmble Read Only Memory),

SDRAM (Static Dinamic Random Acces Memory), EAROM (Electrically Alterable Read Only Memory), dan lain-lain.

Mikrokontroler adalah mikroprosesor plus atau mikrokomputer chip tunggal yang di

dalamnya mengandung unit mikroprosesor, memori, I/O, ADC (Analog to Digital

Converter), Timer, Clock, dan lain-lain. Fasilitas yang terkandung di dalamnya akan

tergantung pada jenis dan tipe dari mikrokontroler. Contoh, misalnya mikrokontroler AT

89C51 produk dari ATMEL mempunyai fitur-fitur : CMOS 8 bit mikrokomputer, 4 K

bytes Flash PEROM (Programmble Erasable Read Only Memory), 128 bytes RAM

internal, 32 Programmable I/O line, 2 bytes timer/counters, 6 sumber interupsi,

programmable serial channel, low power, power down modes, dan beroperasi pada

frekuensi 0 hz sampai dengan 24 M hz.

1971: 4004 Microprocessor

Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 yang berkategori 4 bit  ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Mikroprosesor ini mampu mengalamati 4096 lokasi memori. Mikroprosesor 4004 hanya mempunyai 45 instruksi yang dibuat dengan teknologi  channel Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor) atau disingkat MOSFET. Kinerja prosesor ini hanya mampu menjalankan perintah pada kecepatan rendah, yaitu 50 Kilo instruksi per detik. Kekurangan mikroprosesor ini adalah dalam hal kecepatan yang rendah, lebar word yang sempit, dan ukuran memorinya yang kecil. Untuk memperbaiki kecepatannya maka diproduksi mikroprosesor tipe 4040, tetapi lebar word dan ukuran memorinya tetap sama. Perusahaan Texas Instrument memproduksi mikroprosesor kelas 4 bit, yaitu TSM-1000. Mikroprosesor kelas 4 bit hanya dapat mengerjakan aplikasi tingkat rendah seperti:  oven microwave, kontrol kecil, dan kalkulator yang berbasis mikroprosesor 4 bit.

 

1972: 8008 Microprocessor

Pada bulan Januari tahun 1972, lahir mikroprosesor generasi kedua, Intel

mengeluarkan mikroprosesor tipe 8008 sebagai mikroprosesor 8 bit yang mampu

mengalamati ukuran alamat yang lebih luas, yaitu 16 K byte. Mikroprosesor inipun dianggap masih banyak kekurangan terutama ukuran memori yang masih kecil.

1974: 8080 Microprocessor

Pada tahun 1973, Intel memperkenalkan mikroprosesor modern yang berkategori 8 bit, yaitu tipe 8080. Keistimewaan mikroprosesor ini dapat mengalamati lebih banyak memori, dan menjalankan instruksi tambahan, demikian juga mampu melaksanakan 10 kali lebih cepat dibandingkan µP 8008 dan membutuhkan waktu 2,0 µs (500.000 instruksi per detik). 8080 kompatibel dengan TTL (Transistor-Transistor Logic) sehingga antar muka akan lebih mudah. Sedangkan pengalamatan memorinya 64 K byte, empat kali lipat dibandingkan dengan µP 8008. Perusahaan lain, yaitu motorola memperkenalkan mikroprosesor tipe 6800, Rockwell PPS-8, Signetic 2650 dan seterusnya.

1975: 8085 Microprocessor

Pada tahun 1975 – 1977, munculah mikroprosesor generasi ketiga buatan Intel tipe 8085, Zilog Inc, yaitu tipe Z 80, tipe 6809 dari Motorola, MOS Teknologi tipe 6502, Nasional Semiconductor tipe IMP-8, dan muncul pula komputer satu chip F8 dari Fairchild, dan Mostex, tipe 8048 dari Intel; TSM 1000 dan 9940 dari Texas Instrument. Keunggulan tipe 8085 dibandingkan dengan 8080 mampu menjalankan perangkat lunak pada kecepatan tinggi dan keunggulan utamanya adanya internal clock generator, sistem control internal, dan frekuensi clock yang lebih tinggi. Intel telah berhasil menjual mikroprosesor 8 bit yang merupakan kegunaan umum sebanyak 200 juta mikroprosesor 8085. Perusaan lain yang mampu menjual 500 juta mikroprosesor 8 bit adalah Zilog Corporation, yang memproduksi mikroprosesor Z – 80. Z-80 mempunyai kode bahasa mesin yang kompatibel dengan 8085.

1978: 8086-8088 Microprocessor

Pada tahun 1978, Intel mengeluarkan mikroprosesor 16 bit, yaitu tipe 8086, 8088, 80186, 80286; Motorola dengan tipe 68000; Zilog dengan tipe Z 8000, dan TexasInstrument dengan tipe 9900.

Mikroprosesor 16 bit ini pada umumnya untuk meningkatkan kinerja mikroprosesor sebelumnya, peningkatan antara lain pengalamatan sistem memori sampai 16 M byte, penambahan instruksi, kecepatan clock 8 M Hz, dan beberapa perubahan juga terjadi pada eksekusi instruksi internal yang akan meningkatkan kecepatan sebesar 8 kali pada berbagai instruksi dibandingkan dengan instruksi pada 8086/8088.

1982: 286 Microprocessor

Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya. 286 (1982) juga merupakan prosessor 16 bit. Prosessor ini mempunyai kemajuan yang relatif besar dibanding chip-chip generasi pertama. Frekuensi clock ditingkatkan, tetapi perbaikan yang utama ialah optimasi penanganan perintah. 286 menghasilkan kerja lebih banyak tiap tik clock daripada 8088/8086. Pada kecepatan awal (6 MHz) berunjuk kerja empat kali lebih baik dari 8086 pada 4.77 MHz. Belakangan diperkenalkan dengan kecepatan clock 8,10,dan 12 MHz yang digunakan pada IBM PC-AT (1984). Pembaharuan yang lain ialah kemampuan untuk bekerja pada protected mode/mode perlindungan – mode kerja baru dengan “24 bit virtual address mode”/mode pengalamatan virtual 24 bit, yang menegaskan arah perpindahan dari DOS ke Windows dan multitasking. Tetapi anda tidak dapat berganti dari protected kembali ke real mode / mode riil tanpa mere-boot PC, dan sistem operasi yang menggunakan hal ini hanyalah OS/2 saat itu.

1985: Intel386™ Microprocessor

Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004.

Pada tahun 1986 – 1987, diperkenalkan mikroprosesor 32 bit. Intel mengeluarkan

80386DX/80486DX, 80486SX, dan 80486DX4; Motorola memperkenalkan tipe 68020,

68030, 68040, dan 68050; Zilog tipe Z80000; Nasional semikonduktor memperkenalkan

dengan tipe 32032 dan 32132. Mikroprosesor 32 bit buatan Intel mampu meningkatkan

pengalamatan memori dari 4 G byte sampai dengan 4 G + 16 K cache, dengan kecepatan

clock dapat mencapai 120 M Hz. Peningkatan kemampuan mikroprosesor tidak terlepas

dari tuntutan kebutuhan perangkat lunak (software) seperti yang menggunakan GUI

(Graphical User Interface), tampilan Vidio VGA (Variable Graphics Array), sistem CAD (Computer Aided Drafting/Design) seperti AUTOCAD, ORCAD, dan lain-lain

1989: Intel486™ DX CPU Microprocessor

Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.

1993: Intel® Pentium® Processor

Pada tahun 1993, Intel memperkenalkan mikroprosesor 64 bit, yaitu Pentium I

mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan mikroprosesor 80386 dan 80486.

Sedangkan Motorola mengeluarkan mikroprosesor tipe 68060 dan Power PC. Pentium I

bekerja dengan frekuensi Clock 100 M Hz, 120 M Hz, 133 M Hz, dan 223 M Hz dengan

ukuran cache ditingkatkan dari 8 K byte menjadi 16 K byte. Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

1995: Intel® Pentium® Pro Processor

Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.

1997: Intel® Pentium® II Processor

Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik. pada tahun 1997 diperkenalkan Pentium II dan Pentium Pro dengan clock 266 M Hz, 333 M Hz, 350 M Hz, 400M Hz, dan 450 M Hz. Dengan kecepatan bus data 100 M Hz. Pentium III diperkenalkan untuk memperbaiki kinerja Pentium II, terutama frekuensi clock-nya ditingkatkan menjadi 1 G Hz dengan cache 512 K versi lot 1, dan cache 256 K untuk versi flip-chip, serta kecepatan bus 100 M Hz.

1998: Intel® Pentium II Xeon® Processor

Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

1999: Intel® Celeron® Processor

Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

1999: Intel® Pentium® III Processor

Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.

1999: Intel® Pentium® III Xeon® Processor

Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.

2000: Intel® Pentium® 4 Processor

Pada tahun 2000, Intel memperkenalkan Pentium 4 yang menyediakan versi

kecepatan 1,3 G Hz, 1,4 G Hz, 1,5 G Hz, s/d 3,4 G Hz. Dengan ukuran memori 64 G byte + 32 K L1 + cache + 256 K L 2 cache. Kecepatan bus data 200 M Hz atau lebih

tinggi. Disamping mikroprosesor Pentium terdapat juga mikroprosesor buatan AMD

(Advanced Micro Devices) yang populer di pasaran dan menjadi pesaing Intel.

2001: Intel® Xeon® Processor

Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.

2001: Intel® Itanium® Processor

Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

2002: Intel® Itanium® 2 Processor

Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium

2003: Intel® Pentium® M Processor

Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.

2004: Intel Pentium M 735/745/755 processors

Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

2004: Intel E7520/E7320 Chipsets

7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.

2005: Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz

Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

2005: Intel Pentium D 820/830/840

Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

2006: Intel Core 2 Quad Q6600

Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )

 

 

2006: Intel Quad-core Xeon X3210/X3220

Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)

Intel Core i3

Intel Core i3 diluncurkan dengan dua tipe, yaitu untuk desktop processor dan mobile processor (notebook). Untuk tipe desktop, Intel Core i3 menggunakan microarchitecture yang diberi codename Clarkdale, yang memiliki L3 Cache sebesar 4 MiB, dengan Thermal Design Power (TDP) sebesar 74 Watt. Core i3 memiliki core processor sebanyak dua, sedangkan untuk socket yang digunakan masih socket LGA 1156, sama dengan yang digunakan untuk processor Intel Core i5. Teknologi tambahan yang diinjeksikan pada Intel Core i3 adalah didalam processor sudah terdapat GPU atau dengan kata lain, didalam processor sudah terintegrasi dengan GPU.

 

 

 

 

Intel Core i5

Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3, maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Pada Core i5 cache tetap sama, yaitu 8 MB L3 cache.

Intel Core i7

Core i7 Sendiri adalah Processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner.

Di bawah ini diperlihatkan persaingan antara mikroprosesor Intel dan Motorola modern.

Tabel 1. Perkembangan Mikroprosesor Intel dan Motorola modern

Intel8051Intel8085AIntel8086Intel8088Intel8096Intel80186Intel80188Intel80251Intel80286Intel80386 EXIntel80386 DXIntel80386 SLIntel80386 SLCIntel80386 SXIntel80486 DX/DX2Intel80486 SXIntel80486 DX4IntelPentium IIntelPentiumOverdrive

Pabrik Produk Lebar Bus Data Ukuran Memori
Intel 8048 8 2 K internal
8 8 K internal
8 64 K byte
16 1 M byte
8 1 M byte
16 8 K internal
16 1 M byte
8 1 M byte
8 16 K internal
16 16 M
16 64 M
32 4G
16 32 M
16 32 M + 1 K cache
16 16 M
32 4 G + 8 K cache
32 4 G + 8 K cache
32 4 G + 16 K cache
64 4 G + 16 K cache
32 4 G + 16 K cache

 

Motorola6805Motorola6809Motorola68000Motorola68008 QMotorola68008 DMotorola68010Motorola68020Motorola68030Motorola68040Motorola68050Motorola68060MotorolaPower PC

  (P24T)    
Prosesor Pentium Pro 64 64 G + 16 K L1

cache + 256 K L2

cache

Pentiun II 64 64 G + 32 K L1

cache + 512 L2 cache

Pentium II Xeon 64 64G + 32 K L1 Cache

+ 512 K /1 M cache.

Pentium III, Pentium 4 64 64 G + 32 K L1

cache + 256 K L2

cache

Motorola 6800 8 64 K
8 2K
8 64 K
16 16 M
8 1M
8 4M
16 16 M
32 4G
32 4 G + 256 cache
32 4 G + 8 K cache
32 Tidak dikeluarkan
64 4 G + 16 K cache
64 4 G + 32 K cache

Tabel .2 Perbandingan Data dan Address Bus pada Processor

KelasExternal(bit)TahunMemorymaks(MB)8088

8

8

8

16

16

20

16

20

1976

1978

0,064

1

Kelas Data Bus Address Bus Tahun Memory

maks

(MB)

Internal

(bit)

External

(bit)

Internal

(bit)

8085
8086

80186

80286

80386 SX

16

16

16

16

16

16

16

32

20

20

24

24

20

20

24

32

1978

1981

1983

1988

1

1

16

4096

80386 DX

80486 SX

80486 DX

80486 DX2

80486 DX3

80486 DX4

586DX-100

586DX-133

585DX-166

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

1986

1989

1989

1990

1991

1992

1994

1994

1995

4096

4096

4096

4096

4096

4096

4096

4096

4096

Pentium 60

P-100

P-133

P-166

P-200

Pentium

Pro-133

Pro-166

64

64

64

64

64

64

64

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

1993

1994

1995

1995

1995

1996

1996

4096

4096

4096

4096

4096

4096

4096

Pro-200

K5-75

K5-100

K5-133

K5-166

Cyrix 686

64

64

64

64

64

64

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

32

1996

1994

1995

1995

1996

1995

4096

4096

4096

4096

4096

4096

K5-166

Cyrix 686

64

64

32

32

32

32

32

32

1996

1995

4096

4096

 

 

 

 

Persaingan mikroprosesor yang paling tajam, yaitu sejak generasi ke 5 dari

perkembangan mikroprosesor ketika Intel mengeluarkan mikroprosesor Pentium I, II, III, dan IV; yang disaingi oleh AMD dan Cyrix. AMD mengeluarkan K5, K6, K6-2, K6-3, dan K7 bersaing dengan Pentium MMX dan Pentium II, III, dan IV. Sedangkan Cyrix mengeluarkan dengan tipe 6X86MX (MII), yaitu PR166, PR200, PR233, PR 266, PR300, PR333, PR433, dan PR466.

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

  1. SIMPULAN

Dalam perjalanannya, Komputer telah menjalani perkembangan yang sangat

pesat dari tahun ke tahun, baik dari segi teknologinya maupun dari bentuk dan

ukuran yang hingga saat ini terus di kembangkan dengan teknologi yang

semakin canggih dan mudah penggunaanya. Seiring perkembangan jaman

yang semakin modern ini komputer juga tercipta dengan bentuk yang beragam

jenisnya, dari yang dahulu bentuknya sangat besar dan berat sekarang sudah

lebih kecil dan ringan bahkan bisa dibawa kemana-mana . komputer juga

sudah mempengaruhi cara kita bersosialisasi dengan orang lain. komputer

membuat kita dapat berinteraksi secara tidak langsung dengan orang lain

  1. SARAN

Demi kesempurnaan makalah ini, kami sangat mengharapkan kritikan dan

saran yang bersifat menbangun kearah kebaikan demi kelancaran dan

kesumpurnaan penulisan ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Fairus N.H., Mahir Menggunakan tik dan word 2003, Jakarta, Ganeca Exact, 2007

Naughtyric.blogspot.com klasifikasi komputer2011

www.ilmukomputer.com

Romi Satria Wahono, Apa itu Ilmu komputer, http://www.ilmukomputer.com, 2003

Jogiyanto,Pengenalan Komputer, Andi Offset, 1995

Ir. Edi Nur Sasongko, M.Kom, http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/pde.htm

Harry Garland. (1979). Introduction to microprocessor system design.

New Jersey : MC Graw Hill.

Jacob Millman. (1979). Microelectronics, Digital and Analog Circuits and Systems. New York: McGraw-Hill, Inc.

Brey,  Barry  B.  (2003). The  intel  microprocessors  :

8086/8088/80186/80286/80386/80486, Pentium, Pentium Pro

processor, Pentium II, Pentium III, and Pentium 4: architecture,

programming, and Interfacing– 6 th ed. New Jersey : Pearson Education.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s